Official Statement Persik Kediri Terkait Laga Kontra PSM Makassar (18/12) di Stadion Brawijaya

Diposting oleh Tim Redaksi Persik18 Des 2023, 08:27

Pada penambahan waktu babak kedua, terdapat serangan dari Persik Kediri yang menghasilkan bola masuk ke gawang PSM Makassar, kejadian ini dinilai serupa dengan peristiwa gol oleh PSM Makassar di menit ke 86. Namun, atas kejadian tersebut, wasit tidak mengesahkannya sebagai gol, dan Persik Kediri dapat menerima keputusan wasit tersebut.

Foto: official-statement-persik-kediri-terkait-laga-kontra-psm-makassar--18-12--di-stadion-brawijaya-



Pertandingan kompetisi BRI Liga 1 Indonesia pekan 23 antara Persik Kediri melawan PSM Makassar, Senin (18/12) sempat mengalami penundaan. Hal tersebut terjadi berdasarkan keputusan wasit yang memimpin yakni Yudi Nurcahya.

Penundaan terjadi pada menit ke 87 babak kedua sesaat setelah terjadi gol bagi PSM Makasaar, dimana wasit pada saat itu tidak langsung mengesahkan gol tersebut dan membiarkan pertandingan berjalan beberapa saat dimana tim Persik Kediri juga melakukan serangan balik dan juga memiliki kesempatan mencetak gol sebelum akhirnya gol PSM Makassar tersebut baru disahkan setelah beberapa saat.

Kemudian, diduga terjadi kejadian selebrasi berlebihan oleh PSM Makassar yang memancing reaksi oleh penonton yang berada di tribun selatan stadion Brawijaya. Selain itu, asisten wasit yang berlari masuk ke dalam ruangan di dalam stadion tanpa memberikan keputusan terkait status pertandingan juga memantik aksi dari penonton yang berada di tribun. Kejadian hanya berlangsung selama beberapa menit, situasi tetap kondusif, baik dari pihak panpel dan keamanan menilai tidak terjadi hal - hal yang dapat menyebabkan kerusuhan.

Namun demikian, perangkat pertandingan memutuskan untuk menunda pertandingan. Pihak panpel, keamanan baik dari unsur steward yang melekat di kepanitiaan, Aliansi Suporter Persik Kediri, dan Kapolresta Kota Kediri menghadiri pertemuan emergency dengan perangkat pertandingan.

Persik Kediri menyayangkan adanya kelalaian yang dilakukan oleh wasit, dimana ketidaktegasan tersebut menyebabkan kerugian di kedua tim, baik Persik Kediri maupun PSM Makassar, baik dari sisi kualitas bermain dimana pada saat itu Persik Kediri pun memiliki peluang untuk menyamai kedudukan dalam durasi normal, sesaat setelah goal yang di lakukan PSM. Selain itu, kedua klub juga dirugikan dari sisi waktu bermain serta dari sisi citra kedua klub dimana munculnya berbagai opini liar yang jelas jelas menciderai citra persepakbolaan nasional.

Persik Kediri juga telah melayangkan surat resmi kepada PSSI dan meminta untuk dapat menyikapi kejadian kepempimpinan wasit tersebut dengan lebih seksama, sehingga kualitas pertandingan kita terjaga, guna menjaga marwah kasta kompetisi tertinggi tanah air ini.

Terkait hal tersebut kami juga menyampaikan beberapa hal :

1. Pada menit ke 52.30 Persik Kediri melakukan serangan dari sisi kiri pertahanan PSM Makassar, lewat Bayu Otto (Npg. 6) yang melepaskan umpan terobosan ke area penalty PSM Makassar, Nuri Fasya (Npg. 57) mencoba melepaskan umpan silang namun pemain PSM Makassar Safrudin Tahar (Npg. 27) menahan bola dengan tangan, sangat disayangkan posisi Wasit dan Asisten Wasit 2 yang dekat dan jelas dengan kejadian handball, tidak berani mengambil keputusan, seharusnya dengan posisi Wasit dan Asisten Wasit 2 yang ideal berani mengambil keputusan Handball dan memberikan hukuman penalty untuk PSM Makassar.
2. Pada menit ke-84 terjadi kesempatan bagi PSM Makassar untuk mencetak Gol lewat sundulan pemain nomor punggung 4, tetapi Wasit tidak memberikan keputusan apakah bola itu sudah melewati penuh garis gawang atau belum, lalu Wasit melanjutkan permainan hingga Persik berkali-kali melakukan serangan ke daerah pertahanan PSM Makassar.
3. Pada menit ke 87 pertandingan terhenti, sebagai dampak atas ketidaktegasan wasit terkait dengan kejadian di gawang Persik Kediri. dimana wasit tidak dapat dengan segera memutuskan apakah pertandingan tersebut merupakan gol bagi PSM atau tidak.
4. Di menit selanjutnya, PSM melakukan protes keras ke asisten wasit 1, yang kemudian diduga diikuti dengan wasit mengesahkan gol PSM, disaat itu Persik Kediri sempat dirugikan karena adanya kesempatan untuk melakukan serangan efektif ke gawang PSM Makassar. Selanjutnya, sesaat setelah wasit mengesahkan gol PSM Makassar, terjadi insiden selebrasi berlebihan dari pemain PSM yang memicu terjadinya saling lempar antara pemain PSM Makassar dan penonton Persik Kediri. Meski kondisi kembali kondusif, Asisten Wasit 1 berlari meninggalkan lapangan yang berimbas kepada berhentinya pertandingan.
5. Pada saat pertandingan dihentikan sementara, perangkat pertandingan melakukan koordinasi di ruang ganti, yang di hadiri oleh pihak keamanan, panitia pelaksana dan perangkat pertandingan. Diskusi berlangsung lebih dari 30 menit. Sampai kemudian, perwakilan kedua team (Manager) di hadirkan di dalam diskusi tersebut, termasuk dari unsur keamanan (perwakilan steward, panitia pelaksana, pihak kapolresta Kediri, dan perwakilan Aliansi Suporter Persik Kediri). Di dalam diskusi tersebut, kedua team bersepakat untuk melanjutkan pertandingan. Perlu ditegaskan, bahwa perwakilan PT LIB juga berada di lokasi Stadion Brawijaya. Keputusan melanjutkan pertandingan juga dinilai telah sesuai dengan Pasal 15 Regulasi Kompetisi Liga 1 BRI 2023/2024.
6. Pada penambahan waktu babak kedua, terdapat serangan dari Persik Kediri yang menghasilkan bola masuk ke gawang PSM Makassar, kejadian ini dinilai serupa dengan peristiwa gol oleh PSM Makassar di menit ke 86. Namun, atas kejadian tersebut, wasit tidak mengesahkannya sebagai gol, dan Persik Kediri dapat menerima keputusan wasit tersebut.

Persik Kedirii selalu mendukung terciptanya kondisi kondusif selama pertandingan berlangsung dan menyanyangkan terjadinya insiden pelemparan oleh penonton Persik Kediri apapun alasannya dibalik aksi tersebut.


Persik Kediri selalu menjadi tuan rumah yang baik untuk klub manapun yang bertanding di stadion kebanggaan Kediri, Brawijaya dan telah menjadi saksi bagi kedamaian dan rasa kekeluargaan yang di hadirkan oleh Persik Mania, terhadap siapapun suporter tim lawan, tim lawan dan juga perangkat pertandingan.

Kata Kunci:

-
Bagikan